Minggu , 25 Februari 2018
INFO

Khataman Al-Quran dan Peringatan Maulid Nabi Muhamad, SAW.

Masjid Nurul Bilad Kuta Mandalika(Jum’at, 1/12/2017)
Dalam upaya pembinaan pendidikan karakter di Kabupaten Lombok Tengah yang berbasis agama dan budaya lokal, beberapa saat yang lalu Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah mengadakan acara Khataman Al-Qur’an diikuti oleh siswa-siswi SD/SMP se-Kabupaten Lombok Tengah, khataman ini dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW, 12 rabiul awal 1439H, yang bertempat di Masjid Nurul Bilat, Mandalika-Kuta.
Perhelatan ini sebagai upaya meningkatkan kecerdasan social dan religius bagi siswa-siswi SD dan SMP di bumi Tatas Tuhu Trasna ini, Pendidikan religi selama ini sepenuhnya diserahkan pada guru pendidikan agama disekolah dirasa masih kurang, sehingga semua stakeholder pendidikan dan seluruh elemen masyarakat harus ikut terlibat dan bertanggung jawab atas upaya mencerdaskan generasi penerus ini.
Upaya menanamkan gemar membaca Al-Qur’an harus dimulai sejak dini, dengan berbagai cara dan program, salah satu upaya yang dilakukan adalah membuat program wajib membaca Al-Qura’an sebelum masuk kelas, dan di lakukan di semua sekolah dan disemua kelas dan semua jenjang pendidikan, dengan kebiasaan yang baik harapannya akan berdampak pada pendidikan karakter anak dikemudian hari, Kepala Dinas Pendidikan H. Sumum, S.Pd, menyampaikan “bila satu hari bisa membaca satu ayat, maka bila di kalkulasi dalam satu tahun bisa khatam Al-Qur’an”
Khataman Al-Qur’an yang dilakukan serempak pada tanggal 12 rabiul awal 1439 H, di Masjid Nurul Bilad Kuta, adalah instruksi Bupati Lombok Tengah, H. Suhaili FT, guna menjadi wadah pertemuan bagi siswa-siswi di seluruh Kabupaten Lombok Tengah yang sudah khatam Al-Qur’an, mereka saling bertemu di tempat dan waktu tertentu, menjadi pengalaman dan kebanggaan bagi mereka. H. Sumum, S.Pd, mengibaratkan hajatan ini kita sambil menyelam, minum air, dapat ikan beserta kerang dan mutiarannya, sehingga kita dapat semuanya. (ibn)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas