BIDANG PEMBINAAN SEKOLAH DASAR

Pasal 11
(1) Bidang Pembinaan SD dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bidang dalamrangka pembinaan teknis penyelenggaraan SD dalam menyusun rencana dan program kerja, melaksanakan administrasi pembinaan kurikulum, peserta didik, kelembagaan dan sarana prasarana SD.
(2) Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar mempunyai fungsi :
a. Perumusan dan penetapan program kerja dan penetapan kinerja Bidang;
b. Pengkoordinasian penyusunan RKA, DPA dan Program Kerja Seksi lingkup bidang;
c. Perumusan pedoman dan petunjuk teknis bidang pembinaaan SD;
d. Pengkoordinasian perencanaan, pelaksanaan program kerja bidang pembinaan SD dengan instansi terkait;
e. Melakukan pemetaan dan analisis kebutuhan guru untuk pemerataan pada masing-masing satuan pendidikan;
f. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kegiatan akademik dan non-akademik bidang pembinaan SD;
g. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan evaluasi kinerja di bidang pembinaan SD;
h. Pelaksanaan penilaian hasil belajar pembinaan SD;
i. Pelaksanaan Akreditasi SD;
j. Pengkoordinasian penyiapan bahan penyusunan Standar Operasional dan Prosedur lingkup Bidang SD;
k. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas bidang;
l. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Pasal 12
(1) Seksi Kurikulum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengkoordinasikan kegiatan seksi dalam rangka melaksanakan penyelenggaraan dan pembinaan kurikulum SD.
(2) Untuk melaksanakan tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Kurikulum mempunyai fungsi:
a. Penyusunan rencana kerja, RKA, DPA seksi;
b. Penyiapan bahan perumusan kebijakan tehnis seksi;
c. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan implementasi pengembangan kurikulum, bahan ajar, metode pembelajaran dan penilaian pada bidang pembinaan SD;
d. Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan evaluasi kinerja pengembangan kurikulum di bidang pembinaan SD;
e. Pengawasan pelaksanaan kurikulum pada bidang pembinaan SD.
f. Menyiapkan bahan dan menyusun Standar Operasional dan Prosedur kegiatan seksi;
g. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program/kegiatan seksi;
h. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Pasal 13
(1) Seksi Peserta Didik dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengkoordinasikan kegiatan seksi dalam rangka melaksanakan penyelenggaraan dan pembinaan peserta didik SD
(2) Untuk melaksanakan tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Peserta Didik mempunyai fungsi:
a. Penyusunan rencana kerja, RKA, DPA seksi;
b. Penyiapan bahan, pedoman dan petunjuk teknis program pembinaan peserta didik SD;
c. Pembinaan bakat, prestasi dan peningkatan kualitas pendidikan karakter peserta didik SD;
d. Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pembinaan bakat, prestasi, dan peningkatan kualitas kepribadian peserta didik SD;
e. Menyiapkan bahan dan menyusun Standar Operasional dan Prosedur kegiatan seksi;
f. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program/kegiatan seksi;
g. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Pasal 14
(1) Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengkoordinasikan kegiatan seksi dalam rangka melaksanakan penyelenggaraan dan pembinaan kelembagaan dan sarana prasarana SD
(2) Untuk melaksanakan tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana mempunyai fungsi:
a. Penyusunan Rencana Kerja, RKA, DPA seksi;
b. Penyiapan bahan, pedoman dan petunjuk teknis program pembinaan kelembagaan dan sarana prasarana SD;
c. Melakukan pemetaan dan analisis kebutuhan guru untuk pemerataan pada kelembagaan SD;
d. Pelaksanaan pengelolaan informasi berkaitan dengan data pokok pendidikan SD;
e. Memberikan pertimbangan teknis tentang pemberian dan pencabutan izin pendirian SD negeri dan swasta;
f. Pembinaan, pelaksanaan dan Pengawasan terhadap pemenuhan SPM, SNP, pendayagunaan sarana dan prasarana SD;
g. Menyiapkan bahan dan menyusun Standar Operasional dan Prosedur kegiatan seksi;
h. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program/kegiatan seksi;
i. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Comments are closed.