Disdik Lombok Tengah Memaksimalkan Website Sekolah

Lombok Tengah –¬† Dinas Pendidikan Lombok Tengah akan memaksimalkan penggunaan website sekolah. Hal ini dirasakan penting karena keberadaan website yang mampu menampung dan menyalurkan informasi tentang aktivitas pendidikan di sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah (H. Sumum, S.Pd., SH., M.Pd) menjelaskan bahwa website sekolah dapat menjadi sarana yang sangat efektif untuk menyampaikan perkembangan maupun kendala yang dihadapi di sekolah. Selain itu, hal ini juga nantinya akan memudahkan pemerintah daerah maupun para orang tua dalam memantau perkembangan anak didik maupun sekolah secara umum. “Ini sudah menjadi tuntutan perkembangan zaman. Mau tidak mau dunia pendidikan harus berinovasi” ungkap Kepala Dinas. Fungsi website sekolah sangat vital. Terlebih dalam menyambut era digital dimana peran teknologi sangat mendominasi. Sehingga semua satuan pendidikan diharuskan mampu memanfaatkan teknologi, terutama untuk mengambil manfaat dari teknologi tersebut. “Nanti website itu dapat untuk promosi sekolah dan keperluan lainnya” tuturnya.

Saat ini, banyak sekolah yang sudah memiliki website dan beberapa lainnya masih dikelola dalam bentuk blog, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk mengisi berita, informasi dan data sekolah. Akibat minimnya pemahaman dalam dunia jurnalistik. Sehingga sebagai upaya, ke depan kepala sekolah maupun guru akan diberikan bimbingan khusus tentang ilmu jurnalistik. Dengan harapan, kepala sekolah maupun guru mampu menyampaikan segala bentuk informasi tentang sekolah kepada masyarakat luas. “Manfaat teknologi sangat banyak. Bisa juga artikel maupun opini karya para guru dimasukkan dalam website atau blog. Sementara pengoperasian website menjadi tugas operator sekolah. Guru dan lainnya, termasuk siswa dan wali murid dapat menjadi kontributor” jelas Kepala Dinas.

Setelah pelatihan, seluruh satuan pendidikan di Lombok Tengah diharapkan membangkitkan kembali website yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga semua program dan kegiatan yang dilakukan di sekolah dapat disosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat. Untuk saat ini Dinas Pendidikan masih melakukan pelatihan pengelolaan website/blog sekolah secara maraton di beberapa kecamatan. Diharapkan dalam waktu dekat dapat terselesaikan semua.

Semoga ….

#IR, 210319#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*