DISDIK LOMBOK TENGAH OPTIMALKAN PENDIDIKAN KARAKTER

Keterangan foto tidak tersedia.

DISDIK – Dinas Pendidikan Lombok Tengah berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di seluruh sekolah dalam lingkup kewenangan Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Tujuan pelaksanaan dari pendidikan karakter adalah untuk membentuk penyempurnaan diri individu secara terus-menerus dan melatih kemampuan diri demi menuju kearah hidup yang lebih baik melalui pendidikan.

Istilah ini sendiri sejatinya sudah muncul dalam dunia pendidikan sejak abad 18. Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting bagi generasi penerus dalam suatu bangsa secara umum. Bagaimana pun juga seorang individu tidak cukup hanya diberi bekal pembelajaran dalam hal intelektual belaka tetapi juga harus diberi nutrisi dalam segi moral dan spiritualnya. Seharusnya pendidikan karakter harus diberi seiring dengan perkembangan intelektualnya yang dalam hal ini harus dimulai sejak dini khususnya di lembaga pendidikan. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, pendidikan karakter di sekolah dapat dimulai dengan memberikan contoh yang dapat dijadikan teladan bagi murid dengan diiringi pemberian pembelajaran seperti keagamaan dan kewarganegaraan sehingga dapat membentuk individu yang berjiwa sosial, berpikir kritis, memiliki dan mengembangkan cita-cita luhur, mencintai dan menghormati orang lain, serta adil dalam segala hal.

Di Kabupaten Lombok Tengah, berbagai upaya sudah dilakukan dan tetap akan ditingkatkan pelaksanaannya. Seperti halnya pada kegiatan shalat berjamaah dan membaca Al Qur’an setiap pagi bagi semua guru dan murid di sekolah. Menurutnya, program ini sudah berjalan massif di sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Meski demikian, program itu saja masih belum cukup dan membutuhkan penguatan dalam bentuk lain yang bersifat saling mendukung dengan apa yang sudah dilaksanakan sebelumnya. “Kami akan terus berupaya untuk mengembangkan program-program yang mengarah kepada penguatan pendidikan karakter siswa” ujar Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, H. Sumum.

Selain melalui program yang dijalankan, semua pihak juga harus terlibat. Tidak hanya dari kalangan sekolah saja, namun juga masyarakat secara umum harus ikut mensukseskan pendidikan karakter tersebut. Dalam hal ini, selain guru, kepala sekolah dan pengawas juga harus memahami tentang pendidikan karakter secara utuh sehingga mampu menjadi corong kepada masyarakat luas. Sehingga beberapa waktu lalu, sejumlah pengawas dan kepala sekolah sudah diberikan penguatan tentang pendidikan karakter. Tujuannya untuk memberikan pemahaman yang mendalam terkait pendidikan karakter. “Sehingga diharapkan mampu mengimbas ke sekolah maupun pihak lainnya” ujarnya.

&& IR &&

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*