Orientasi Teknis E-Training Diklat Dasar Pendidik PAUD NTB

MATARAM – Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat yang familiar disebut dengan akronim BPPAUD dan DIMKAS Nusa Tenggara Barat memiliki tugas dan fungsi antara lain yaitu sebagai lembaga penjamin mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Implementasi tugas dan fungsi tersebut wajib dilaksanakan, agar tercapai komitmen Balai sebagaimana telah dirumuskan dalam visi dan misi secara kelambagaan yaitu Berbudaya Mutu.

Kondisi pendidik PAUD di Provinsi Nusa Tenggara Barat secara umum masih membutuhkan perhatian tinggi. Ditinjau dari berbagai aspek, khususnya pada aspek kompetensi pendidik PAUD yang masih sangat jauh dari kompetensi dasar yang dipersyaratkan bagi pendidik PAUD di wilayah NTB. Sementara jika melihat hal tersebut dari sisi kuantitas, jumlahnya sangat banyak seiring dengan jumlah lembaga pendidikan anak usia dini yang juga tidak sedikit. Sudut pandang kesejahteraan akan mengantar kita pada suatu fenomena bahwa pendidik PAUD (terutama yang nonPNS) masih jauh dari kategori sejahtera.

Kondisi geografis wilayah Provinsi NTB sebagai sasaran layanan Pendidikan Anak Usia Dini, juga dinilai cukup menantang karena keberadaan lembaga satuan PAUD sebagian besar berada di wilayah daerah terpencil. Banyak juga daerah yang tergolong sebagai daerah sulit di kawasan pegunungan dan kawasan laut berpencar di pulau-pulau kecil. Kondisi geografis tersebut juga membuat penduduk terpencar sehingga rentan terjadinya mendapat pendidikan yang layak. Faktor pendukung yang dapat dijadikan modal adalah jaringan alat komunikasi telah mampu menyentuh dan dapat diakses masyarakat NTB hingga ke tingkat desa. Termasuk di beberapa daerah yang masuk dalam kategori terpencil.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin mudah diakses masyarakat adalah peluang bagi BPPAUD dan DIKMAS NTB untuk berinovasi dalam mereflikasikan program layanan pendidikan kepada masyarakat yang merata dan berkeadilan. Salah satu tantangan Balai untuk mewujudkan visi berbudaya mutu, selain kondisi geografis adalah sarana prasarana yang sangat terbatas, tenaga pendidik PAUD yang belum mencapai kualifikasi dan kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Termasuk besarnya jumlah pendidik PAUD yang belum memenuhi kompetensi minimal, kendati 3 (tiga) tahun yang lampau telah dilakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi melalui diklat Dasar PTK-PAUD secara konvensional dengan sasaran 40 (empat puluh) orang per tahun. Dengan kondisi seperti itu. maka sejak tahun 2017 pihak BPPAUD dan DIKMAS NTB telah melakukan revitaliasi kegiatan diklat dasar pendidik PAUD melalui e-training dengan sasaran peserta tahun 2017 sebanyak 407 orang dan pada tahun 2018 sebanyak 544 pendidik. Jumlah peserta untuk Kabupaten Lombok Tengah pada tahun 2017 sebanyak 59 orang dan 80 orang pada tahun 2018.

Animo pendidik PAUD terhadap pelaksanaan Diklat Dasar PTK-PAUD melalui e-training sangat tinggi. Selain karena Diklat ini sangat efisien dari berbagai aspek seperti biaya murah, peserta juga tidak perlu meninggalkan tugas mengajar, waktu belajar cukup fleksibel termasuk sistem evaluasi penilaian yang transparan. Berpedoman pada kelebihan ini, maka pada kegiatan Seminar Nasional Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang telah dilaksanakan pada akhir pembelajaran e-training 2018 direkomendasikan agar e-training Diklat Dasar PTK-PAUD terus dilanjutkan.

Dalam rangka menyelenggarakan Diklat Dasar PTK_PAUD melalui e-training tahun 2019, tahapan awal yang dilaksanakan adalah kegiatan orientasi teknis bagi pengelola Diklat Dasar PTK-PAUD termasuk petugas dari TIM Fasilitator Daerah (FASDA) kabupaten/kota yang menjadi garda depan dalam pelaksanaan Diklat. Kegiatan ini diikuti oleh utusan (3 orang Fasda) dari seluruh kabupaten/kota di wilayah NTB selama tiga hari (11-13 Maret 2019) di Wisma Disiplin BPPAUD dan DIKMAS NTB. Tim FASDA dari Kabupaten Lombok Tengah adalah Dr. Siti Sanisah, M.Pd (KASI GTK PAUD dan DIKMAS Dinas Pendidikan Lombok Tengah), Nurdiana, S.Pd. (Pamong Belajar SKB Lombok Tengah) dan Raodah, S.Pd.I (Pengurus IGTKI). Orientasi teknis dimaksudkan sebagai persiapan awal pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar e-Training Tahun 2019 agar pelaksanaannya menjadi lebih maksimal dari tahun sebelumnya.

Semoga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*