Pelantikan Kepala Sekolah (SD-SMP) di Lingkup Pemda Lombok Tengah

DISDIK – Kepala sekolah merupakan posisi strategis dan berperan sebagai faktor penentu dalam suatu lembaga pendidikan. Lembaga  hampir tidak dapat melaksanakan aktifitas kegiatannya tanpa eksistensi dari seorang pemimpin (kepala sekolah). Dengan perannya sebagai leader atau pemimpin di sekolah, menunjukkan bahwa ia adalah orang nomor satu di sekolah tersebut. Kepala sekolah diberikan kuasa untuk memimpin semua pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah dalam rangka pencapaian prestasi sekolah. Kepala sekolah juga dimintai pertanggungjwaban sejauh mana kepemimpinannya dapat mencapai prestasi sekolah yang dapai dicapai oleh peserta didik di bidang akademik dan non-akademik, para tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di sekolah, serta peningkatan prestasi lembaga sekolah itu sendiri.

Kepemimpinan kepala sekolah diharapkan dapat membawa kearah pencapaian kinerja sekolah yaitu antara lain terwujud dan terbinanya program pengajaran, sumber daya manusia, kesiswaan, sarana prasarana dan hubungan kerjasama antarsekolah dengan masyarakat sebagai suatu prestasi yang dapat diukur secara kuantitatif dan kualitatif. Dengan dasar tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah mengadakan pelantikan Kepala Sekolah untuk jenjang pendidikan dasar (Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama) sebanyak 266 orang. Kegiatan terselenggara dengan lancar hari ini, Senin 11 Maret 2019.

Pelantikan dimaksudkan untuk merapikan organisasi sekolah dan mengisi jabatan kepala sekolah pada beberapa lembaga yang kepala sekolahnya sudah memasuki masa purna tugas. Dengan format baru ini diharapkan lembaga pendidikan dapat lebih meningkatkan kualitasnya dalam semua spek pembangunan pendidikan. Kepada Kepala Sekolah yang baru menduduki posisinya saat ini juga diharapkan agar melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal guna meningkatkan marwah pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah pada umumnya.

Seperti dipahami, tugas dan wewenang kepala sekolah dewasa ini cukup kompleks. Dalam Permendikbud Nomor 06 Tahun 2018 (Pasal 15) dijelaskan bahwa beban kerja Kepala Sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan. Regulasi ini sekaligus menjadi dasar pelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Sekolah.

#IR#

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*