Penyerahan Sertifikat Diklat E-Training Pendidik PAUD

Lombok Tengah – Profesionalisme tenaga pendidik merupakan kemampuan seorang pendidik atau yang sering disebut sebagai guru, dalam melakukan tugas pokoknya mulai merencanakan hingga evaluasi pembelajaran. Dalam regulasi sudah ditetapkan bahwa indikator profesionalisme guru yaitu kompetensi guru, komitmen guru dan pengembangan karier guru. Pada kompetensi guru, terdapat empat kompetensi yang harus dimiliki guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Penguasaan pendidik terhadap empat kompetensi ini menjadi suatu keharusan. Termasuk untuk pendidik yang mengabdikan diri untuk mendapingi tumbuh dan kembang anak di lembaga pendidikan anak usia dini. Pencapaian inipun tidak jarang dijadikan sebagai parameter pencapaian kualitas pendidik.

Di sisi lain, jika dipantau dalam aspek kelembagaan, upaya pencapaian visi dan misi sekolah tidak lepas dari peran sumber daya manusia yang ada di sekolah tersebut. Adapun salah satu kendala dalam upaya mencapaian visi dan misi sekolah yaitu kualifikasi tenaga pendidik yang background pendidikannya tidak sesuai dengan bidang yang dikerjakan. Guna mengatasi persoalan tersebut pada level prasekolah (pendidikan anak usia dini) diupayakan adanya kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) untuk meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Diklat merupakan salah satu bentuk pengembangan pegawai  yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja pegawai. Pada sekolah atau lembaga pendidikan, fungsi diklat sangat penting untuk peningkatan kualitas tenaga pendidik. Tujuan pelatihan dan pengembangan, antara lain: (1) memperbaiki kinerja; (2) membantu memecahkan persoalan operasional dan (3) mempersiapkan pegawai untuk promosi serta memenuhi kebutuhan pribadi.

Di Kabupaten Lombok tengah diketahui bahwa masih banyak tenaga pendidik PAUD yang belum sepenuhnya memiliki keterampilan mengajar dan kualifikasi pendidikannya bukan dari Pendidikan Guru PAUD. Untuk itu salah satu upaya meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik PAUD yaitu dengan mengadakan kegiatan Diklat Berjenjang. Diklat ini dilakukan mulai Diklat Berjenjang tingkat dasar, tingkat lanjut dan tingkat mahir.

Guna memantapkan pelaksanaan diklat berjenjang tingkat dasar untuk pendidik PAUD di Kabupaten Lombok Tengah dalam kurun waktu dua tahun terakhir dilakukan melalui e-training. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Lombok Tengah dengan BP-PAUD dan DIKMAS Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk Tahun 2018 telah berhasil diluluskan 68 orang pendidik PAUD Lombok Tengah. Penyerahan sertifikat terhadap pendidik PAUD yang sudah dinyatakan lulus tersebut dilakukan di halaman Dinas  Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah, disaksikan langsung oleh Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas.

Pada kesempatan dimaksud, Kepala Dinas Pendidikan (Bapak H. Sumum, S.Pd., SH., M.Pd.) menyampaikan agar pendidik PAUD di Kabupaten Lombok Tengah dapat memanfaatkan peluang diklat melalui e-training ini dengan baik. Trend kelulusan peserta yang ditunjukkan oleh Kabupaten Lombok Tengah harus terus ditingkatkan lagi. Sehingga ke depan, semua pendidik PAUD diharapkan sudah dapat mengikuti diklat berjenjang dimaksud secara massif baik diklat dasar, lanjut maupun mahir. Sementara untuk pelaksanaan 2019 ini tersedia kuota sebanyak 100 orang pendidik PAUD untuk disertakan dalam Diklat e-training dimaksud.

Selamat berpacu menuju kualitas pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah yang lebih baik.

#IR, 210319#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*